Terkini

Selamat Ulang Tahun Ke 120 Olimpiade

Laman Google hari ini kembali menyajikan gambar Google Doodle yang membuat orang penasaran. Sebuah pigura dengan tulisan tahun 1896 secara terpisah di sisi kanan dan kiri pilar, juga orang yang sedang berlari.

Ternyata maksud dari Google Doodle itu adalah perayaan dan peringatan ke 120 tahun  di mana Olimpiade pertama kali diadakan. Tahun 1896 merupakan tahun dihidupkannya kembali Olimpiade oleh bangsawan asal Prancis, Pierre Fredy Baron de Coubertin. Wikipedia menuliskan, Olimpiade Musim Panas pertama kali digelar di Athena, Yunani pada 1896.

Dalam kongres yang diselenggarakan di Paris, tahun 1894, didirikan Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan ibu kota Yunani, Athena dipilih sebagai tuan rumah Olimpiade modern pertama. Selanjutnya, sejak tahun 1896 sampai sekarang, Olimpiade musim panas tak pernah absen digelar tiap 4 tahun sekali.

Menurut sejarah, Olimpiade modern pertama bisa ada karena pada tahun 393 Masehi Olimpiade Kuno dibatalkan oleh Kaisar Roma Theodosius. Sejak saat itu, Olimpiade mengalami banyak perubahan dan perbaikan.

 Berkas:1896 Olympic opening ceremony.jpg

Sponsored Links

Selain itu, di balik megahnya Olimpiade, ada banyak filosofi yang begitu kuat seperti Citius Altius Fortius yang berarti “lebih cepat, lebih tinggi, dan lebih kuat”. Hal ini bukan hanya moto atau semboyan belaka melainkan sebagai bentuk persahabatan dan persatuan dunia lewat olahraga juga untuk menjaga masyarakat dunia agar tetap sehat.