Terkini

Selamat Ulang Tahun ke 124 Untuk Permainan Basket!

Bola Basket merupakan olahraga terpopuler kedua setelah Sepak Bola. Olah raga yang terdiri dari dua tim, bisa 5 atau 3 orang per timnya, sangat digemari di Amerika. Selain hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil, permainan ini juga lebih kompetitif karena tempo yang cenderung lebih cepat.

Sponsored Links

Tanggal pertandingan pertama diketahui, 21 Desember 1891. Sejarah basket dimulai dengan penemuan tak sengaja dari Dr. James Naismith. Saat ia mengajar olahraga di Springfield, MA di YMCA International Training School di Springfield, Massachusetts di Amerika Serikat, pada 1891. Pada awalnya ia membuat sebuah permainan olahraga untuk mengisi waktu kosong para siswa dan terciptalah permainan Basket.

Permainan cukup cepat menjadi mapan, dan menjadi olah raga yang pupoler di  abad ke-20. Pertama di Amerika dan kemudian di seluruh dunia. Basket pun banyak dijadikan olahraga wajib di berbagai sekolah di Amerika dan terbentuklah National Basketball Asociation (NBA), liga basket Amerika.

Permainan basket sudah sangat berkembang dan digemari sejak pertama kali diperkenalkan oleh James Naismith. Salah satu perkembangannya adalah diciptakannya gerakan slam dunk, yaitu gerakan untuk memasukkan dan melesakkan bola basket langsung ke dalam keranjang yang bisa dilakukan dengan gerakan akrobatik yang berkekuatan luar biasa.