Musik

‘Seperti Api’, Album Baru Seringai yang Tetap Gurih

Bagi sobat lanang yang akrab dengan komunitas musik bawah tanah pasti tak asing lagi dengan nama Seringai. Band metal asal Jakarta yang sudah hingar binger sejak 2002 ini kembali menunjukkan kesangaran lewat album teranyarnya ‘Seperti Api’.

Sponsored Links

Selain itu, album ini terasa spesial karena akhirnya hadir setelah kosong selama 6 tahun. Hal ini bisa dimaklumi karena semua personil Seringai memiliki kesibukkan dengan profesi masing-masing. Tak seperti anak band lainnya yang mencurahkan hidup sepenuhnya pada musik, Seringai punya cara yang berbeda dalam menjalani musik.

Album ‘Seperti Api’ berisi 12 lagu, terdiri dari satu lagu intro dan 11 lagu full. Single pertamanya, berjudul “Selamanya”, sudah dirilis beberapa minggu lalu. Video klip lagu itu menunjukkan bahwa meski mereka semakin berumur, tapi mereka enggan berhenti bersenang-senang.

Hal itu sesuai dengan slogan yang selalu digaungkan oleh Arian 13 (vokal), Ricky Siahaan (gitar), Edy Khemod (drum), dan Sammy (bass), yakni ‘Generasi Menolak Tua’. Bagi mereka fisik mungkin bisa menua, namun jiwa dan pikiran haruslah tetap muda agar tetap energik dalam menikmati hidup.

Jika dilihat dari lagu “Selamanya”, Seringai tetap terdengar gurih dalam menghentakkan musik-musiknya. Bahkan bisa dibilang mengalami pendewasaan dan peningkatan kualitas. Jika dalam album ‘Taring’ (2012), Seringai bermain dalam egonya sendiri, namun hal itu kini tak terlihat lagi di album ‘Seperti Api’.

Lagu “Selamanya” yang juga ditulis oleh Arian 13, ini bertujuan untuk menebarkan semangat positif dan kemandirian.

Seringai menjadi peka dengan kondisi sekitar dan cukup kritis akan permasalahan sosial yang ada. Lagu-lagu dalam album ini mencerminkan itu semua, seperti “65” lagu tentang tragedi pembantaian pada 1965, “Disinformasi” yang berbicara soal hoax dan fake news, lalu ada lagu “A.I” yang bertema sains, dan yang terakhir “Omong Kosong” sebagai bentuk kritik terhadap mereka yang gemar berbicara tanpa bukti nyata.

Dari semua itu, Seringai tetap menyelipkan sedikit kenakalannya lewat lagu “Ishtar Cult” yang merujuk dari kebudayaan kuno bangsa Sumeria. Dalam lagu “Ishtar Cult” terselip suara Danilla Riyadi yang menggemaskan. Album ini rencananya akan dirilis resmi akhir Juli atau Agustus 2018.