Tekno Otomotif

Seri Pertama ASC dimulai Akhir Tahun di Australia

Kejuaraan supermoto di wilayah Asia, FIM Asia Supermoto Championships (ASC), seri perdana akan dimulai di New South Wales, Australia pada tanggal 3 dan 4 September 2016 mendatang. Seri perdana ini terselenggara berkat disepakatinya kerja sama antara Asia Supersports Group (ASG) dengan Newcastle City Council untuk tiga tahun ke depan pada 13 April lalu.

ASG sebagai pemegang lisensi kejuaraan ASC ini berniat mempromosikan supermoto agar menjadi olahraga bermotor yang populer di kawasan Asia. Hal ini dilihat dari antusiasme pada seri pertama yang berlangsung di tahun 2015 sukses diikuti oleh 18 pembalap internasional dari 12 negara termasuk Indonesia.

Supermoto adalah olahraga yang sedang berkembang di regional Asia Pasifik dengan jumlah penggemarnya yang terus meningkat. Dengan kesepakatan ini diharapkan supermoto bisa menyentuh regional Oceania untuk menarik para penggemar hiburan olahraga bermotor di tahun-tahun mendatang,” kata CEO ASG, Satheswaran Mayachandran.

Graeme Boyd, CEO Boyd Events Pty Ltd, Satheswaran, CEO Asia Supersports Group dan Nuatali Nelmes, Walikota Newcastle City dalam peluncuran FIM Asia Supermoto Championship 2016
 

Dirinya menambahkan jika tak hanya akan di Australia saja, Kuala Lumpur dan Bangkok juga akan ditunjuk sebagai lokasi penyelenggaraan.

Supermoto adalah balap motor yang mengombinasikan beberapa elemen dari motocross seperti dirt track dan road race dalam satu disiplin. Trek supermoto memiliki beberapa karakter utama seperti ramp untuk lompatan, tikungan tajam dan trek lurus untuk kecepatan tinggi baik dengan permukaan tanah ataupun aspal.

Beragamnya fitur di dalam trek supermoto memungkin balapan bisa dilakukan di sirkuit, stadion olahraga atau bahkan lapangan parkir terbuka. Olahraga bermotor yang unik ini menawarkan keseruan dan adrenalin bagi para penonton yang bisa melihat balapan hanya beberapa meter dari trek.

Menarik? Untuk bisa dilaksanakan di Indonesia, sepertinya ASG masih menunggu perkembangan minat warga kita terhadap olahraga ini beberapa tahun ke depan. Sabar ya bro!