News

Sumba Terpilih Jadi Pulau Terindah Di Dunia

Eksotisme keindahan alam Timur Indonesia sepertinya makin mendunia, setelah banyak nominasi keindahan yang diraih, kali ini Pulau Sumba juga ikut terpilih sebagai Pulau Terindah Di Dunia. Pulau Sumba yang merupakan salah satu pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini memiliki empat kabupaten dengan Waingapu sebagai kota terbesarnya.

Sponsored Links

Pulau dengan luas wilayah 10.710 km2 ini terpilih sebagai “Pulau Terindah Di Dunia” versi Majalah Focus terbitan Jerman. Majalah dengan oplah mencapai 5 juta eksemplar ini memilih Sumba sebagai “Pulau Terindah Di Dunia” karena kekayaan alam dan budayanya yang melimpah. Keindahan padang sabana yang luas yang jarang ditemukan di dunia serta alam laut dan pantai yang sangat eksotis menjadi salah satu nilai plus yang dimiliki Sumba.

sumba2

Perbukitan Warinding di Sumba | Dok. Istimewa

Lembaga internasional bird life juga telah menetapkan kawasan Taman Nasional Matalawa di Sumba sebagai important bird area karena ada 10 jenis burung endemik yang hidup di pulau ini. Sebuah artikel berjudul Sumba Kein Tanz, aber ein Traum (Focus 17. February 2018, Seite 116) yang berarti, "Sumba, Bukan Nama Sebuah Tarian, tapi Sebuah Mimpi" menuliskan bagaimana keindahan pulau ini. Lewat hal itu, Sumba terpilih menjadi satu diantara 33 pulau terindah versi Majalah Focus, Jerman.

Majalah Focus sendiri merupakan satu dari tiga majalah mingguan terkemuka di Jerman. Jumlah pembacanya hampir 5 juta orang dengan jumlah terbitan lebih dari 400.000 eksemplar. Majalah ini masuk sebagai deretan majalah yang menjadi referensi informasi di banyak belahan dunia.

Bukan tanpa alasan yang lemah majalah tersebut memilih Sumba sebagai pulau terindah di dunia. Beberapa fakta keunikan alamnya bahkan mungkin hanya bisa ditemui di Pulau Sumba. Beberapa keunikan tersebut, adalah Danau Weekuri yang menjadi satu-satunya danau air asin di Indonesia. Lalu ada Nihiwatu Sumba yang merupakan hotel terbaik di dunia tahun 2016 & 2017 versi Majalah Travel + Leisure.

sumba3-620x424

Pemandangan di hotel Nihiwatu, Sumba | Dok. Istimewa

Selain itu atraksi perang tradisional melempar lembing dari kuda, yakni Pasola juga meraih Runner-Up kategori atraksi budaya terpopuler. Anugerah bergengsi tersebut diberikan oleh Majalah Wisata ternama Travel + Leisure. Bukit Warinding juga merupakan tempat terindah di Sumba, di mana perbukitan ini akan berubah warna mengikuti musim.

Dan satu lagi ialah mahakarya tenun Sumba yang harganya bisa mencapai ratusan juta. Tenun Sumba memiliki arti tersendiri bagi masyarakat setempat. Proses pewarnaan yang natural dan unik, proses pembuatan yang lama serta motifnya yang kaya akan nilai seni menjadikan tenun ini sebuah kebanggaan yang tak hanya untuk Sumba tapi juga Indonesia. Selamat berkunjung ke Sumba guys!