Terkini

Sumpah Pemuda Dan Semangat yang Tak Pernah Pudar

“Hai pemuda, jika ditanya berapa jumlahmu, jawablah kami hanya satu,” begitu kerasnya Sang Proklamator, Ir. Soekarno, menekankan akan pentingnya generasi pemuda terhadap suatu keutuhan bangsanya.

Rangkaian sejarah manusia telah mencatat jika berbagai perubahan besar di dunia ini dilakukan oleh mereka para pemuda dan mereka yang berjiwa muda. Semangat yang visioner dan selalu melihat masa depan sebagai harapan adalah satu bukti jika pemuda adalah generasi yang membawa semangat juang dalam berbagai aspek kehidupan.

Hari ini, 28 Oktober 2016, kita memperingati hari yang disebut sebagai Sumpah Pemuda. Sebuah hari di mana pengukuhan untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia dimulai.

Manifesto nyata semangat sumpah pemuda sendiri dikukuhkan lewat Kongres Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Keputusan kongres tersebut sangat jelas menegaskan cita-cita akan Tanah Air Indonesia, Bangsa Indonesia dan Bahasa Indonesia sebagai wujud nyata.

Perjuangan Moehammad Yamin dan kawan-kawan kala itu bukanlah hanya sekedar pertemuan dalam bentuk formal, melainkan sebuah keinginan tulus dan kuat akan arti pentingnya sebuah semangat persatuan dan kesatuan.

Kini tak terasa 88 tahun sudah berlalu sejak Sumpah Pemuda dicetuskan, sekarang berbagai cara untuk memperingatinya dan meresapinya bisa dengan berbagai cara. Seorang pemuda tak akan pernah kehabisan cara untuk meninggikan dirinya dan orang di sekitarnya.

Selamat Hari Sumpah Pemuda, guncangkan dunia dengan semangat nyata akan perubahan. Masa adalah penentu sejarah, the makers of history!