Gaya Hidup

Sunyaragi, Gua Mirip Candi yang Penuh Mitos

Anda sudah pernah travelling ke Cirebon belum? Jika belum, Anda wajib mengunjungi Gua Sunyaragi jika ada kesempatan nanti.

Gua yang mirip seperti candi ini dibangun di atas lahan seluas 15 hektare dan tak seperti gua pada umumnya. Sunyaragi berasal dari kata "Sunyi" dan "Raga", yang dalam dialek setempat pada zaman dahulu menjadi "sunya" dan "ragi".

Tempat ini juga merupakan tempat bermeditasi, maka tak heran bila di dalamnya terdapat banyak gua sebagai tempat bermeditasi. Di antaranya Gua Peteng, Gua Pengawal, Gua Pawon, dan Gua Arga Jumut.

Jika dilihat sekilas pintu utama Gua Sunyaragi tampak berbentuk seperti barongsai. Hal itu juga didukung arsitektur klasiknya yang secara samar menunjukkan perpaduan antara tradisi Tionghoa dan Nusantara.

Keunikan lainnya dari gua ini adalah soal mitos enteng jodoh sampai sulit jodoh. Menurut Pemandu, E Nurmas Argadikusuma, mengatakan barang siapa memegang patung batu perawan maka akan sulit jodoh. Tapi kebalikannya, jika kamu belum punya jodoh atau sudah punya kekasih, ada baiknya kamu masuk ke Gua Kelanggengan.

Di dalam gua terdapat sebuah patung berbentuk manusia, berwujud garuda yang dililit ular yang bermakna jika pemimpin tidak boleh lupa akan tanggung jawabnya. Gua yang juga disebut sebagai Taman Sari Sunyaragi ini terdiri dari dua bagian kompleks yakni pesanggrahan dan bangunan gua.

Sponsored Links

Gua yang memiliki terowongan bawah tanah ini saling terhubung dengan gua yang lain membentuk jalur unik di dalamnya. Bentuknya yang sangat lain daripada gua pada umumnya menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Keindahan Gua Sunyaragi tak akan cukup jika harus diceritakan dalam satu artikel ini, Anda harus berkunjung langsung agar lebih mengerti.