Etika

Temukan Bahagia dari Hal Kecil

Kebahagiaan itu seperti lingkaran, jika kita terus mencarinya maka tak akan pernah menemukan ujungnya. Menurut Psikolog, Susilo Dwi Raharjo, tanpa sadar sebetulnya hal-hal sederhana di sekitar kita adalah sumber kebahagiaan. Tak perlu mencarinya jauh-jauh, karena kita bisa melakukannya dari diri kita sendiri.

Banyak cara untuk menjadi bahagia, namun tak semua orang sadar dan mau melakukannya. Lalu hal sederhana apa sajakah yang bisa membuat kita bahagia?

Hargai Diri Sendiri

Kebahagiaan sangatlah subyektif, semua tergantung dari yang menilainya. Jika ada pepatah yang mengatakan “Hargailah orang lain, maka orang lain akan menghargai Anda” mungkin hal itu ada benarnya.

Sebelum belajar menghargai orang lain kita harus menghargai diri kita sendiri. Berpenampilan rapi dan merawat diri adalah salah satu bentuknya. Siapa yang tidak akan ceria jika seorang wanita menghampiri saat kita sedang membaca sendirian di sebuah kafe kopi hanya karena kita mengerti cara berpakaian rapi.

Bangun Pagi

Hal paling menyebalkan adalah saat kita sadar jika satu hari kita sangat tidak produktif. Bangun pagi bisa menjadi pemula bagi hari produktif kita. Dengan bangun pagi kita telah lebih dulu memulai hari, lebih santai mengerjakan tugas, lebih banyak waktu untuk evaluasi. Kepuasan akan sebuah hari yang produktif mengalahkan segalanya.

Pemaaf

Membenci adalah aktivitas Memiliki kerendahan hati yang besar dan pemaaf adalah kunci agar seseorang bisa menjalani hidup dengan tenang dan tanpa beban. Menjadi pemaaf bukan berarti akan mudah disepelekan orang lain, melainkan akan menjadikan kita pribadi yang dewasa dan matang dalam bersikap.

Ingin Tahu

Memelihara rasa ingin tahu akan membuat seseorang cepat berkembang dan mengasah kompetensi diri. Selalu tertarik untuk mengetahui hal baru membuat kita menjadi pribadi yang kaya akan wawasan dan luwes dalam pergaulan. Hal inilah yang akan memudahkan seseorang dalam melakukan segala sesuatunya dan menjadi modal penting.

Ingat dalam hal ini adalah rasa ingin tahu terhadap hal-hal yang punya efek positif terhadap diri sendiri, bukanlah hal yang terkait dengan pribadi orang lain.

Percaya Diri

Percaya jika bisa melakukan hal-hal besar terhadap diri sendiri adalah modal untuk bisa menemukan kebahagiaan, jauh dari rasa pesimis akan meningkatkan kepercayaan terhadap diri sendiri dalam melakukan segala sesuatunya.

Rasa percaya diri yang besar juga akan meningkatkan penilaian kita di mata orang lain karena kita akan dianggap sebagai pribadi yang positif dan optimis.

Kebahagiaan memang tak ada rumusnya, tapi banyak hal-hal sederhana dari diri kita yang bisa mengantarkan kepada kebahagiaan itu sendiri.