News

“The Spirit of Emak-Emak” Perjuangan Kartini Dalam Ekonomi

Di era kini, perempuan semakin menunjukkan kemampuan terpendamnya dalam banyak hal, salah satunya dalam menaikkan taraf ekonomi keluarga. Sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam memberdayakan perempuan sebagai sosok yang punya andil dalam keluarga, PT Blue Bird (Persero) Tbk, meluncurkan buku berjudul “The Spirit of Emak-Emak” hari ini, Jumat (11/05/2018), di Training Centre Blue Bird, Jakarta.

 

Hadirnya buku ini tak lepas dari gagasan Koordinator Blue Bird Peduli Noni Purnomo untuk membentuk Kartini Blue Bird dalam memberdayakan perempuan Indonesia, khususnya para ibu rumah tangga dan para istri dari pengemudi Blue Bird. Lewat program ini, para perempuan diberi kesempatan untuk mendapatakan pelatihan dalam berbagai bidang keahlian, seperti tata-boga, menjahit, serta diberikan pendidikan dan pelatihan untuk memasarkan barang dan mengembangkan bisnis.

emak3

Menteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise meresmikan Gallery Kartini Blue Bird. | Andika Aditia

Buku setebal 140 halaman ini ditulis oleh Maria Hartiningsih, dengan tujuan untuk menceritakan tentang upaya, kerja keras dan perjuangan luar biasa yang dilakukan oleh kaum perempuan agar bisa membantu perekonomian keluarga dan kesejahteraan keluarganya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise yang turut hadir dalam acara ini juga mengapresiasi atas terlaksananya program ini. Di mana menurutnya, program semacam ini merupakan langkah besar untuk memajukan dan mengembangkan pola pikir perempuan Indonesia dalam mengambil peran atas perekonomian keluarga.

emak1

Sampul buku "The Spirit of Emak-Emak" karya Maria Hartiningsih | Andika Aditia

“Ini sebuah program yang sangat bagus, kita memang harus memajukan perempuan dalam mengembangkan dirinya, terutama untuk membantu dan meningkatkan ekonomi keluarga, bukan lagi hanya bertopang pada suami,” ucap Yohana Susana Yembise.

Noni Purnomo pun mengharapkan ke depannya program ini bisa memberikan peluang lebih besar kepada perempuan untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan dirinya.

“Tujuannya bukan hanya soal keuntungan, tapi juga bisa memberikan manfaat sosial yang lebih luas kepada para kaum perempuan Indonesia dan keluarganya,” ucap Noni Purnomo.

emak2

Menteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak berpose seusai menghadiri acara "The Spirit of Emak-Emak" Kartini Blue Bird | Andika Aditia

Acara ini juga diisi dengan sesi talkshow “Women Empowerment” yang diisi oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise, Noni Purnomo, dan Maria Hertaningsih selaku penulis buku “The Spirit of Emak-Emak”. Lalu Yohana Susana Yembise juga meresmikan “Gallery Kartini” yang menyimpan dan menampilkan berbagai produk dan barang UKM dari Kartini Blue Bird.