Olahraga

Tiara Andini Prastika Pakai Ongkos Sendiri untuk Ikut Kompetisi

Namanya mendadak dikenal karena sukses sumbangkan emas ke-3 untuk Indonesia dari cabang olahraga balap sepeda downhill, Senin (20/8/2018). Gadis asal Semarang, Jawa Tengah ini sukses catat waktu 2 menit 33 detik di Khe Bun Hill, Subang, Jawa Barat.

Unggul lebih dari 9 detik di depan pembalap Thailand, Vipavee Deekaballes dan pembalap Indonesia lainnya Nining Purwaningsih tentunya Tiara punya cerita sendiri untuk bisa sampai ke posisi sekarang. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang Tiara Andini Prastika yang belum banyak diketahui.

Terbaik di Asia

Sponsored Links

tiarasportku

Namanya menjadi yang teratas di Asia | Sportku

Peringkat 16 Dunia

Berdasarkan peringkat Union Cycliste Internationale (UCI) nama Tiara Andini Prastika ada di peringkat 16 dunia untuk cabang sepeda gunung downhill. Dan benar saja, dirinya menjadi yang terbaik di Asia karena 15 nama di atasnya dipenuhi dengan atlet-atlet Eropa.

Pakai Ongkos Sendiri

Pada tahun 2015 dirinya berangkat dengan ongkos sendiri untuk ikut kejuaraan Asian Championships di Malaysia bahkan menjadi juara dan mendapatkan medali emas di kejuaraan tersebut.

Tinggalkan Kuliah

Pada tahun 2017 dirinya memutuskan untuk meninggalkan bangku kuliahnya di jurusan akuntansi untuk fokus menjadi pembalap sepeda profesional. Canggihnya lagi, sang ibu juga mendukung keputusan Tiara untuk tinggalkan kampus.

tiarajaglobe

Demi jadi pembalap downhill pro rela tinggalkan bangku kuliah | Jakarta Globe

Mengaku Susah Belajar Akuntansi

Seperti dikutip dari Jakarta Globe dirinya pun mengaku jika kesulitan menghadapi jurusan akuntansi dan merasa lebih cocok jika harus kuliah yang masih ada hubungannya dengan olahraga.

Itu dia bro fakta menarik tentang Tiara yang menunjukkan bahwa perjalanan kariernya selama ini tidak dimulai dengan setengah hati. Percayalah, meraih medali emas di ajang sekelas Asian Games butuh komitmen dan konsistensi yang serius.