Motor-mobil

Tiger, Motor Roda Tiga Di Pelosok Indonesia

Baru-baru ini netizen diramaikan dengan kehadiran kendaraan beroda tiga yang unik di kota Solo, Jawa Tengah. Wajar saja jika para netizen khususnya pencinta otomotif mencari tahu spesifikasi kendaraan tersebut karena tanpa ada basa-basi apalagi peluncuran resmi kendaraan tersebut langsung mengaspal di jalanan kota.

Ternyata motor roda tiga tersebut bernama Tiger dengan sumber tenaga listrik. Motor ini mengingatkan kita dengan sosok kancil, kendaraan pengganti bajaj yang ternyata tak populer dan akhirnya meredup. Motor ini dibekali dengan aki kering 60V-20A yang terdiri dari 5 buah aki berjenis Accu Sealed Lead Acid sebagai sumber tenaganya.

Hadir dengan dimensi panjang 200 cm, lebar 100 cm dan tinggi 160 cm dengan bobot 100 kg ini bisa menampung 3 orang. Motor ini sendiri dirakit di Indonesia, sedangkan komponen dan suku cadangnya didatangkan langsung dari China dan Taiwan.

tiger3

Desain interior Tiger yang cukup mewah dan lapang | Dok. Alibaba

Tak perlu waktu lama untuk mengisi daya pada motor ini, hanya butuh waktu 5 jam dengan daya 150 Watt. Dengan baterai terisi penuh motor ini mampu menempuh jarak hingga 60 km, dengan kecepatan maksimal 35 km/jam.

Mungkin selain bentuknya, keunikan lain yang ada pada motor ini adalah posisi setir yang sama seperti motor matik. Lalu motor ini juga dibekali dengan perseneling mundur serta mode pilihan kecepatan. Untuk sementara motor ini terbatas pendistribusiannya dengan banderolan sekitar Rp 32 juta.

Bagaimana, berminat untuk menggunakannya saat apel ke rumah pacar? Lumayan untuk mengobati rasa ngiler terhadap Honda Neowing, Piaggio MP3 dan Yamaha Tricity yang sama-sama menjadi motor beroda tiga, bahkan Tiger lebih unggul karena bisa melindungi kita dari hujan.