Sukses

Tinggal Bareng Sebelum Nikah?

Secara budaya memang kita sebagai orang timur tentu sangat menolak perilaku ini dalam kehidupan sehari-hari. Tapi percaya atau tidak dalam kenyataanya hari ini kita bisa menemukan beberapa teman yang sudah mempraktekkan gaya hidup kebarat-baratan ini. Tidak banyak memang, tapi ada.

Pertanyaan yang timbul adalah apa memang perlu latihan hidup bersama sebelum benar-benar terikat pernikahan? Jika kalian tetap ingin mencobanya mari kita bahas beberapa poin yang akan kalian rasakan saat tinggal bersama pasangan tanpa ada status pernikahan.

Bosan

Kenapa ada orang yang sudah menikah tapi bisa cerai? Kenapa seorang suami atau istri bisa selingkuh? Salah satu faktor utamanya adalah bosan dengan pasangan. Bayangkan mereka yang baru mulai tinggal bersama setelah menikah saja bisa bosan, apalagi jika kita mencoba nyolong start sebelum nikah!

Negatif

Sebebas apapun pergaulan di kalangan muda-mudi hari ini, sepasang kekasih yang tinggal bersama (kumpul kebo) akan tetap dinilai sebagai perilaku negatif di masyarakat. Secara religi bahkan tak ada satupun agama yang membolehkan seks pranikah. So, ask yourself bro!

More Fights

Tinggal bersama it means kalian harus menghabiskan waktu dengan pasangan setidaknya 16 jam sehari. Darah muda dan tak adanya ikatan hukum yang kuat antara hubungan kalian akan dengan mudah menjadi potensi pertengkaran. Dan bertengkar jadi semakin mudah karena orang yang seharusnya kita ajak bertengkar selalu ada di depan muka setiap hari.

Unplanned Marriage

Seks pranikah memberikan potensi kehamilan pada pasangan setiap saat. Apa kalian siap dengan pernikahan mendadak? Jika tabungan kalian masih berisi recehan, mental masih ABG atau takut untuk berkomitmen sebaiknya jangan main-main bro. Aborsi adalah salah satu hal paling pengecut yang bisa dilakukan seorang pria pada pasangannya.

Sharing Biaya Kos

Satu-satunya manfaat dari tinggal bersama adalah sharing biaya kamar kos-an. Seberapa mahal sih kos-kosan di Jakarta? Jika untuk ngekos saja kalian masih mikir untuk ngirit, itu bisa menjadi salah satu indikator kalau kalian belum siap untuk beli popok dan susu formula.

Itu bro kira-kira yang akan kalian hadapi dari sebuah langkah sederhana untuk memilih tinggal bersama pasangan sebelum nikah. Pilihan selalu kembali ke tangan kalian masing-masing karena kalian sudah cukup dewasa untuk bisa menentukan mana hal yang memang perlu dan mana hal yang hanya nafsu.