Karier

Tips Asyik Bikin Ruang Kantor Pribadi

Waktu dan tugas kantor yang semakin fleksibel membuat kita bisa mengerjakannya dimana saja dan kapan saja. Namun tetap saja sebagian dari kita tak bisa bekerja jika tak di tempat yang mendukung. Membuat ruang kantor sendiri adalah solusinya.

Menjadi seorang karyawan yang sering membawa pulang tugas kantor ke rumah atau freelance memang sangat membutuhkan ruang kantor pribadi. Karena ruangan ini akan kita tempati sehari dalam memeras ide dan tenaga, maka membuatnya senyaman mungkin adalah keharusan. Lalu bagaimana caranya?

Cahaya

Kenyamanan pertama yang harus diperhatikan adalah cahaya. Pastikan tempat yang dipilih mempunyai pencahayaan yang baik. Para ilmuwan menyarankan cahaya di ruang kantor berkekuatan 500 lux atau sama seperti cahaya matahari.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk memilih tempat yang dekat dengan jendela atau sumber cahaya matahari. Cahaya ruang kantor yang terlalu gelap akan membuat kita cepat lelah, sedangkan terlalu terang pun akan membuat kita tak tenang.

Batas

Jika sudah menentukan lokasi untuk dijadikan ruang kantor pribadi, maka hal yang pertama harus diingat adalah untuk tak menjadikannya ruangan multifungsi. Biar bagaimanapun kantor tetaplah kantor, ini penting agar ritme kerja dan produktivitas anda terjaga.

Hemat Ruang

Sebesar apa pun rumah anda bukan berarti bisa menjadikan ruang kantor pribadi juga besar. Pada prinsipnya rumah adalah tempat tinggal bukanlah kantor, jadi buatlah ruang kantor pribadi dengan proporsional dan ideal. Usahakan untuk menggunakan furnitur seperti meja dan rak yang serba guna sehingga bisa menyimpan banyak dokumen dan tak memakan banyak ruang.

Aliran Listrik

Dan hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah pasokan aliran listrik yang cukup. Pastikan jarak dan jumlah stop kontak sesuai dengan kebutuhan anda. Selain itu jika anda membuat aliran listrik baru untuk ruangan kantor pribadi, jangan lupa untuk memperhatikan sisi keamanan dan kelayakannya. Hal ini untuk menjaga kita tak mengalami hal-hal menyebalkan selama bekerja, seperti korsleting atau tersetrum.

Begitulah kira-kira aturan main untuk membuat ruang kantor pribadi yang nyaman dan menyenangkan. Satu tips lagi, usahakan untuk memilih ruangan dengan jarak atap plafon atau langit-langit yang tinggi. Hal ini akan berpengaruh pada pemikiran kreatif anda. Selamat bekerja!