Sosok

Tips Bugar Paspampres Pratu Daniel

Zaman sekarang, siapapun bisa menjadi viral lewat sosial media. Tak terkecuali bagi yang berprofesi di angkatan, yang kesannya kaku, bermimik datar dan selalu serius menanggapi segala sesuatunya. 

Kali ini netizen dihebohkan oleh salah satu Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang menjadi pengawal di pernikahan Kahiyang dan Bobby, saat tertangkap kamera mengenakan beskap Jawa. 

"Saya tidak tahu kalau viral..." kata Pratu Daniel Darryan (25) saat ditemui Lanang Indonesia disela-sela latihannya di Markas Komando (Mako) Paspampres, Sabtu (11/11) pagi. "Teman saya di kampung yang ngirim pesan dan bilang, coba lihat instagram kamu. Dan memang followers saya tiba-tiba nambahnya banyak. Sekarang sudah 16.000" jawabnya dengan logat Sunda yang cukup kental.

paspampres-3

Dia mengaku, itu adalah kali pertama mengenakan beskap, dan tidak menyangka juga karena pakaian adat Jawa tersebut bikin heboh jagad internet. "Memang ketika itu kondisinya harus menenakan beskap, kalau sehari-hari saya berpenampilan biasa saja kok," jawab anak kedua dari tiga bersaudara ini.

Buat penyuka spaghetti, tidak ada yang luar biasa dari menjadi viral. Namanya juga menjadi "orang terdekat" Presiden, bukan tak mungkin suatu waktu tertangkap kamera. Buatnya itu menjadi konsekuensi pekerjaan. "Kalau ternyata jadi viral ya bisa dibilang rejeki anak sholeh," celetuknya bercanda. 

new-1

Daniel sudah lima tahun bergabung menjadi Paspampres, setelah sebelumnya menjadi tentara sejak usia 18 tahun. Memang sejak kecil dia ingin menjadi tentara mengikuti jejak kakeknya. Sudah tiga tahun terakhir dia menjabat sebagai Pampri (pengaman pribadi) Presiden di group A. Tidak sembarang Paspampres bisa menjadi Pampri. 

Ada nilai di atas rata-rata yang harus dipenuhi untuk menduduki posisi tersebut, salah satunya harus memiliki kemampuan menembah 80, mengingat salah satu tugasnya adalah menjaga Presiden mulai dari bangun sampai tidur kembali, selama 24 jam. 

"Daniel itu orangnya supel, gampang bergaul, sikapnya bagus dan disiplin," cerita Prashida, Dan Timnya (baca: atasan/komandan di tim) memberikan komplimen mengenai sikap Daniel sehari-hari. Ketika akhirnya menjadi viralpun, sikapnya tidak berubah, tetap seperti biasa. Malahan teman-temannya yang ikut meledeki Daniel. "Ciee..jadi viral, paling gitu aja sih," tambah Prashida. 

Kehidupan Paspampres memang jarang terekspos, malahan terkesan sangar. Padahal sebenarnya Paspampres juga manusia biasa, punya sisi humanis. Main sosmed juga disela waktu luang. 

"Saya juga suka nonton film kalau ada waktu luang, film Indonesia terakhir yang saya tonton Pengabdi Setan," cerita Daniel. Dan sama seperti pria muda lain, Daniel yang sedang menikmati profesinya sebagai penjaga hidup dan mati orang nomor satu di Indonesia ini juga punya cewek. Kalau ada waktu luang di akhir pekan, ia berkunjung ke Bandung dan jalan-jalan dengan pacarnya. Apakah ia termasuk pria romantis? "Kalau itu rahasia.." katanya.

new-2

Penampilan Daniel terbilang menyolok. Tinggi 185 cm, kulit sawo matangnya begitu padat, dengan urat yang menonjol di sekujur lengannya yang kuat. Perutnya rata ditempat latihan rutin. 

Mau punya tubuh kekar seperti dia? Rahasianya selain jaga makanan (no micin, bro), setiap hari lari, karate, dan push up. Para anggota Paspampres diwajibkan latihan fisik setiap hari. Biasanya pagi atau sore tergantung jadwal kesibukan. Mereka juga rutin latihan menembak, selama sekitar dua jam per hari. Semua ini mereka lakukan di Mako yang memang memiliki lapangan tembak dengan peralatan paling mutakhir. 

(Kontributor: Esye)