Gadget

Tips Memotret 360 Derajat yang Baik

Menyajikan foto atau video kini banyak bentuknya, perkembangan teknologi yang pesat membuat kita bukan hanya memikirkan cara untuk menampilkannya, tapi juga cara membuatnya.

Selama ini kita memang selalu terkendala dengan sudut pengambilan gambar yang terbatas, namun setelah adanya fitur 360 derajat, semua kendala itu hilang. Memotret atau mengabadikan video dengan fitur 360 derajat memang tak asal menekan tombol record saja.

Agar hasil gambar 360 kalian mulus, Lanang Indonesia akan memberikan tipsnya. Saat ditemui di acara Samsung Media Workshop, di daerah Kuningan, Jakarta, Selasa (15/8/2017), Tech Reviewer Dedy Irvan, mengatakan ada beberapa tahapan yang harus diikuti agar hasil gambar 360 menjadi maksimal. Apa saja?

Tongsis

Tongsis alias tongkat narsis dalam hal ini tak lagi hanya berfungsi untuk berfoto selfie, tapi juga untuk membantu mengatasi angle yang luas. Menurut Dedy, tongsis ini akan membuat kita bisa meletakkan kamera 360 pada jarak yang cukup tinggi agar gambar panorama di sekeliling kita tertangkap dengan baik.

Posisi

Karena menjangkau 360 derajat maka memposisikan kamera dengan tegak lurus adalah keharusan. “Letakkan kamera dengan tegak dan lurus, usahakan untuk berada di atas kepala kita, selain itu jika ingin merekam video 360 derajat, maka transisi kita saat merekam halus halus dan beraturan agar tak membuat yang melihatnya sakit mata,” ucap Dedy.

Sponsored Links

Dan yang terakhir menurut Dedy, banyak kesalahan fatal yang dilakukan orang saat mengabadikan gambar 360 derajat. Hal itu ialah salah satu sisi lensa menghadap tepat ke matahari. Ini akan membuat gambar 360 menjadi over dan tak bisa dilihat secara utuh.

“Letakkan dua lensa kamera 360 yang tak berhadapan langsung dengan matahari, ini karena keterbatasan kemampuan kamera 360 dalam menghalau cahaya yang masuk, apalagi cahaya sekeras matahari,” tambah Dedy.

Kehadiran kamera 360 jelas telah memudahkan orang untuk menangkap banyak momen sekaligus dari berbagai angle. Sebagai Tech Reviewer, Dedy cukup bijak dengan menambahkan aturan dengan istilah “The Golden Rule”. Menurutnya istilah ini ialah mempertanyakan kembali kebutuhan penggunaan kamera 360. Karena tak semua momen layak diabadikan dengan kamera 360.

So, sudah jelas kan, bagaimana mengabadikan gambar dengan kamera 360 yang baik. Dan ternyata kita juga harus tahu kapan menggunakannya. Keuntungan yang menarik dari foto atau video 360 derajat adalah banyaknya konteks yang dimiliki dari sebuah gambar tunggal. Selamat mencoba bro!