Karier

Tips Mengelola Bisnis Di Instagram

Magnet sosial media menjadi tren baru dalam mempromosikan dan memperluas pasar bisnis kita. Di media sosial kita bisa dengan mudah menyebarkan informasi ke para pengguna potensial. Kemajuan teknologi dan informasi kini memungkinkan masyarakat Indonesia untuk menjalankan bisnis berbasis digital. Anda dapat menghitung sendiri, berapa banyak katalog yang Anda lihat dalam sehari di Instagram?

Guna memberikan inspirasi bagi masyarakat Indonesia, Instagram pun memperkenalkan dua entrepreneur lokal yang tumbuh sukses bersama Instagram, yaitu Dulcet Patisserie dan Chic & Darling. Dulcet Patisserie adalah produsen kue yang mengedepankan artistik dan kelezatan untuk melengkapi setiap momen penting pelanggan. Sedangkan Chic & Darling dikenal sebagai industri rumahan Indonesia. Keduanya pun berbagi caranya agak sukses mengelola bisnis di Instagram, apa saja?

Strategi Marketing

Dalam menjalankan bisnis saat ini Instagram adalah platform yang paling relevan untuk menjangkau pelanggan setia maupun calon pelanggannya. Sehingga dapat meningkatkan interaksi dan popularitas, oleh sebab itu membangun conversation di tiap postingan adalah keharusan. Karena memiliki tampilan dan cara penggunaan yang sederhana, efektifitas dalam beriklan di Instagram sangatlah baik. Karena para Instagramer akan dengan sangat mudah mengerti iklan kita.

Konten yang Menjual

Konten merupakan hal yang utama. Jika berbicara mengenai Instagram, setiap hal kecil merupakan bagian dari konten yang harus diperhatikan, mulai dari foto, video, caption, hingga gambar yang bergerak. Konten yang baik akan mendorong terciptanya interaksi yang baik sesuai dengan yang diharapkan. Update dan pengumuman secara berkala merupakan hal yang penting guna meningkatkan awareness penghuni Instagram akan produk dan jasa kita. Tentu saja, fokus utamanya adalah konten visual.

Tidak ada peraturan dalam mengunggah foto di Instagram, bisa setiap hari atau beberapa hari sekali, tergantung dari interaksi yang Anda inginkan untuk brand Anda. Temukan waktu terbaik saat pengikut Anda mengakses Instagram. Misalnya, di Jakarta orang cenderung membuka Instagram saat sedang terjebak kemacetan (dalam perjalanan menuju ke kantor atau pulang ke rumah).

Maksimalkan Fitur

Gunakan video dan fitur-fitur Instagram seperti Boomerang, Stories dan Multiple Photo. Fitur-fitur ini membantu mereka untuk semakin banyak berinteraksi dengan para pelanggan dan memberikan sentuhan yang berbeda.

Cari Brand Value

Persaingan bisnis di Instagram memang sedang berkembang pesat, agar memiliki kesempatan untuk mengembangkan bisnis dan semakin dikenal luas. Kita harus terus berusaha mencari DNA brand dan berani mencoba sesuatu yang baru. Brand harus tetap orisinil dan tidak sekadar mengikuti tren yang ada.