Relationship

Tips Nikah Hemat Tapi Berkualitas

Pernikahan tentu menjadi impian semua orang, pacaran selama apapun tak akan ada gol-nya jika tak sampai menikah. Namun terkadang semangat untuk menghalalkan hubungan harus dihadapi dengan realita yang cukup pahit. Salah satunya adalah persoalan anggaran yang bisa menguras tabungan bertahun-tahun.

Agar sobat lanang tetap semangat menghalalkan si doi, nih, kita kasih tipsnya biar nikah bisa hemat namun acara tetap berkualitas. Mari disimak bro!

Tamu

Umumnya kita pasti ingin memberitahukan hari pernikahan kepada semua orang, salah satunya dengan menyebar undangan sebanyak-banyaknya. Tapi ini justru adalah hal yang salah, apalagi ketika anda bukanlah anak konglomerat. Ketatlah dalam menyortir daftar tamu undangan. Buat daftar orang yang benar-benar berarti buatmu. Tentu intimnya acara pernikahan lebih penting daripada ramainya tamu dan hanya membuat kita tak santai menikmati acara dan akhirnya kelelahan. Selain itu jumlah tamu akan menentukan berapa besarnya jumlah porsi makanan serta kapasitas ruangan yang digunakan, ini tentu akan mempengaruhi biaya.

Konsep

Kalau kalian merasa tren pernikahan sekarang itu mahal, rasanya kalian harus berpikir ulang. Karena faktanya, kini banyak alternatif yang ditawarkan sehingga pilihan paket biaya bisa kita sesuaikan. Buatlah prioritas acara pernikahan, pilihlah salah satu hal yang ingin ditonjolkan dalam acara pernikahan. Dengan begitu konsep pernikahan yang anda buat akan melekat dan bukan hanya seperti keramaian semata.

Relasi

Merasa punya banyak teman, inilah saatnya anda tahu betapa pentingnya punya banyak relasi. Cobalah meminta teman atau kerabat untuk membantu anda dalam mengurus proses pernikahan dan segala keperluannya. Misalnya saja dokumentasi, pertunjukkan musik dan susunan acara. Pasti mereka akan dengan senang hati membantu kalian, begitu juga dengan biaya yang ditawarkan. Jika kerabat kalian memang menjalani bisnis yang sedang anda minta bantuannya, cobalah beri ruang untuk ia mempromosikan bisnisnya di pernikahan anda. Setidaknya harga murah yang diberikan kepada anda tak mentah-mentah begitu saja.

Kreatif

Sponsored Links

Kreativitas dalam hal ini sudah pasti sangat membantu. Mahalnya biaya cetak undangan dan souvenir bisa disiasati dengan kreativitas yang kalian miliki. Orang cerdas tentu akan lebih memilih souvenir yang fungsional daripada yang wow, karena jika tak bisa digunakan souvenir hanya akan menjadi tumpukkan barang rongsok. Kartu undangan pun bisa dipangkas biayanya dengan material yang murah namun dengan desain yang menawan karena undangan tak akan disimpan. Hanya sekali dibaca, lalu akan dibuang.

Efisien

Dalam pernikahan yang terpenting adalah prosesi yang sakral juga hikmat. Jadi tak perlu segala sesuatunya harus tersedia dan mewah. Cobalah cari hal-hal yang menguntungkan, misalnya, ada beberapa hotel yang akan menggratiskan biaya sewa gedung jika kita memesan porsi makanan dalam jumlah tertentu. Ini jelas akan memangkas biaya gedung cukup dengan mengeluarkan untuk satu biaya.

 

Pernikahan sejatinya adalah mengantarkan kita ke gerbang kebahagiaan. Memiliki rumah dan keperluan lain setelah menikah akan lebih indah daripada harus melunasi hutang karena biaya pernikahan. Selamat mencoba, semoga sukses bro!