Items

Tips Pilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Kacamata, termasuk kacamata hitam, adalah aksesori yang mempunyai nilai utilitas dan estetis. Mereka memiliki tren tersendiri setiap tahunnya. Untuk Spring Summer 2017, kacamata berlensa biru dan bersudut bingkai lebar (wide angle) semi transparan ditawarkan berbagai brand fashion global seperti TOPMAN, Saturday NYC dan Paul Smith.

Apapun tren kacamata, pastikan modelnya cocok dengan wajah kita. Ini karena, jenis-jenis kacamata tertentu  memiliki dampak bervariasi pada bentuk wajah yang berbeda.

Untuk menentukan kacamata seperti apa yang pas, kenali dulu tipe wajah kalian, Bro.

Wajah Lonjong

Wajah lonjong atau oval memiliki proporsi wajah dimana panjang dahi ke dagu lebih besar daripada lebar kedua pipi.   Seperti Nicholas Saputra. Tipe wajah ini ideal untuk berbagai jenis kacamata. Baik yang berlensa bulat, bermodel aviator hingga navigator.

fashion-spread-lanang---a-tie-for-the-sharp-look--0092

Kacamata aviator cocok untuk wajah lonjong | Khalida Nasution | ALDO

Wajah Bulat

Tipe wajah ini memiliki lebar area dahi dan kedua pipi yang nyaris sama. Lebarnya lebih besar dibandingkan panjang wajah dari dahi ke dagu.   Seperti Nick Lachey. Wajah bulat membutuhkan kacamata hitam dengan lensa atau frame persegi. Pemilik wajah tipe ini sebaiknya menghindari kacamata hitam berlensa bulat karena hanya akan membuat wajah terlihat chubby. Kenakanlah kacamata berbingkai rectangular seperti model navigator.

Wajah Kotak

Panjang wajah dari dahi ke dagu pada pria berwajah persegi hampir menyamai lebar kedua pipinya.  Seperti bentuk muka Zac Efron. Oleh karena itu, kacamata dengan lensa bulat dan bingkai tipis akan membuat wajah kotak lebih proporsional.

fashion-spread-lanang---a-tie-for-the-sharp-look--0051

Bagi kalian dengan wajah kotak lebih cocok dengan jenis kacamata garamond | Khalida Nasution | TOPMAN

Wajah Persegi Panjang

Panjang dari dahi ke dagu jenis wajah ini lebih besar dibanding lebarnya  dahi dan kedua pipi yang hampir sama. Seperti wajah Reza Rahadian. Sebagaimana wajah kotak, wajah persegi panjang pun cocok dengan pemakaian kacamata berlensa bulat dengan bingkai yang tidak tebal.

Wajah Hati

Kedua  pipi wajah bertipe hati atau sering juga disebut tipe berlian jauh lebih lebar daripada dahi dan dagunya. Hugh Jackman bertipe wajah ini. Untuk menyeimbangkan lebar kedua pipi tersebut, kenakanlah kacamata dengan sudut atas bingkai kacamata yang lebih lebar (wide angle).  

Nah, dengan mengetahui cara memilih kacamata yang cocok dengan bentuk wajah, semoga kasus  kacamata membuat wajah tidak proporsional tak terjadi lagi, ya, Bro.