Traveling

Tips Terbaik Menukar Uang Saat Ke Luar Negeri

Libur panjang hari raya Idul Fitri sudah menanti, rencana berlibur bersama keluarga atau pasangan tentu adalah hal yang menyenangkan, apalagi jika berencana ke luar negeri. Akan ada banyak hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan perjalanan terutama ke luar negeri, salah satunya adalah mendapatkan mata uang negara tujuan kalian.

 

Dari rilis yang diterima Lanang Indonesia, Selasa (22/5/2018), Mastercard melakukan sebuah riset untuk membandingkan beberapa metode pembayaran selama bepergian ke luar negeri. Meskipun kartu kredit dan debit menawarkan cara paling aman dan dapat diandalkan untuk bertransaksi selama bepergian, beberapa orang ternyata lebih memilih membawa mata uang asing tunai untuk digunakan di merchant-merchant yang hanya menerima uang tunai. Oleh karena itu, agar kalian mendapat nilai tukar mata uang asing terbaik, berikut beberapa temuan yang dibagikan oleh Mastercard sebagai berikut:

1. Cara yang lebih murah untuk mendapat mata uang asing adalah dengan melakukan penarikan tunai di ATM dengan kartu debit di negara tujuan.

2. Menukar rupiah dengan mata uang asing di bandara negara tujuan merupakan cara yang paling mahal. Jelas hal ini jangan sampai anda lakukan.

Pembayaran elektronik Ketika melakukan transaksi di toko merupakan metode pembayaran terbaik karena dapat diterima secara global serta aman. Apabila kalian merasa tak nyaman untuk meninggalkan negara Anda tanpa membawa mata uang asing, Kita bisa membawa uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda dari bandara ke penginapan, kemudian menggunakan kartu debit untuk melakukan penarikan tunai di negara tujuan. Dengan metode ini, Anda akan dapat memperoleh nilai tukar terbaik.

Rata-rata biaya mark-up di ATM lebih baik dibandingkan dengan rata-rata biaya mark-up di tempat penukaran mata uang asing di bandara negara tujuan. Selain itu, menggunakan ATM selama bepergian merupakan cara yang lebih aman dibandingkan membawa uang tunai dalam jumlah besar. ATM biasanya terletak di pintu-pintu keluar bandara, destinasi-destinasi utama para turis, serta lokasi lainnya di negara tujuan yang ingin kalian datangi.

“Kami berharap melalui temuan ini para traveler Indonesia tidak akan bingung lagi dalam memilih metode penukaran uang yang terbaik dan dapat merasa lebih nyaman saat bepergian ke luar negeri, karena kini mereka tahu bahwa pilihan terbaik adalah dengan menggunakan kartu debit mereka,” kata Tommy Singgih, Director, Mastercard Indonesia.

Studi ini sendiri didapat dari hasil analisa biaya konversi mata uang di tempat penukaran mata uang asing lokal dan bandara dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan pada saat menarik uang tunai dan melakukan pembelian dengan kartu debit – sehingga dapat membantu para traveler untuk mengambil keputusan yang lebih tepat. Sepuluh negara destinasi wisata teratas menurut Mastercard masing-masing telah dianalisa, dari total 21 negara yang telah disurvei yaitu Australia, Brasil, Kanada, Chili, Kolombia, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Meksiko, Belanda, Nigeria, Rusia, Swedia, Swiss, Korea Selatan, Arab Saudi, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Emirat Arab.