Kuliner

Touring Sambil Icip Buah & Sate Bandeng Banten

Bro, suka touring dengan motor kesayangan kalian? Sudah menjelajah ke ujung barat Pulau Jawa alias Banten, belum? We, guarantee pasti seru jika touring bersama grup atau komunitas ke wilayah ini. Pasalnya Banten memiliki banyak wisata alam dengan pemandangan yang sejuk di mata, mulai Pantai Sawarna, Pantai Anyer, Karang Bolong, Pantai Sangiang, Taman Nasional Ujung Kulon hingga Perkampungan Baduy.

Sponsored Links

Di sepanjang jalan raya Pandeglang dan Serang, kalian tak hanya akan menjumpai pemandangan hamparan sawah yang hijau dan asrinya perkebunan warga tapi mata dan perut kita akan dimanjakan dengan beragam penjaja buah lokal.

DSC03776

Warung berupa saung-saung bambu di tepi jalan menjadi tempat nyaman bagi penjual yang menjajakan beragam buah lokal khas Banten. Kalian dapat menepi untuk mengistirahatkan diri dan motor, juga membeli dan mencicip buah-buahan lokal tersebut.

Bagi yang gemar durian, selain bisa memilih puluhan penjual durian yang menawarkan hasil panen mereka di tepi jalan, juga dapat menyambangi saung Durian Jatohan H. Arif  di KM 14 Jalan Raya Serang-Pandeglang yang tersohor dengan durian legitnya.

Aneka buah lokal khas Banten seperti kecapi, sukun, sirsak, manggis, nangka, pisang, cempedak, hingga rambutan juga banyak dijual disepanjang jalan menuju Banten ini. Jangan ragu untuk berhenti dan membeli.

DSC03631

Untuk buah rambutan, di awal tahun hingga pertengahan tahun merupakan musim panen. Jadi jangan heran jika buah rambutan tersebut berjejer dijual di tepi jalan. Kalian juga dapat   membeli untuk oleh-oleh saat pulang touring. Untuk harga rambutan relatif murah dan bervariasi, mulai Rp7000 hingga Rp10.000 perikatnya.

Jika rute touring melewati jalur tengah kota Serang-Banten, jangan lupa juga membeli oleh-oleh khas Banten lainnya yaitu Sate Bandeng.

Dua diantara brand Sate Bandeng yang legendaris adalah Sate Bandeng Hj. Maryam di jalan Jl. Kiuju No. 63 Kaujon Tengah dan Sate Bandeng Ibu Aliyah yang memiliki lokasi toko di Jl. Samaun Bakri, Lopang Gede Masjid.

DSC03826

Kedua brand tersebut sama-sama menawarkan produk sate bandeng yang nikmat. Tekstur daging bandeng tanpa tulang terasa kenyal dengan bumbu rempah yang kaya rasa, harga jual cukup murah yaitu Rp35.000-40.000 pertusuk/1 ekor ikan bandeng.

Dua pilihan rasa, original dan pedas ditawarkan oleh dua brand tersebut. Sedangkan di rumah produksi Sate Bandeng Hj. Maryam, kalian dapat membeli sajian lain berupa Ayam Bekakak yang juga menjadi sajian khas dapur Banten. Tapi sayangnya, sajian ini harus dipesan terlebih dahulu sehari sebelumnya.

Jadi jika kalian touring ke Banten, jangan lupa untuk mencicip buah lokal yang sedang musimnya dan kuliner khas Bandeng. Jadikan pula sebagai oleh-oleh sepulang touring untuk orang tersayang di rumah. Let's roll bro!