Motor-mobil

Trik Halau Banjir Dengan Motor

Musim hujan yang mulai menunjukkan dominasinya di awal tahun ini tentu menyisakan banyak cerita, dan yang paling tren tentunya adalah banjir. Bagi kalian pengendara motor tentunya banjir bisa menjadi momok yang menakutkan selama berkomuter.

Sebelum terjebak dalam mogok yang menjengkelkan karena motor tak sanggup melewati banjir nih bro kami bagikan beberapa trik yang pastinya bisa membantu kalian dalam memperhitungkan apakah banjir bisa dilalui atau tidak.

Let The Stupid One Do First

Ketika akan menghampiri sebuah banjir jangan main langsung libas saja bro. Tunggu motor lain yang memulainya. Cari motor yang sejenis dengan tunggangan kita dan perhatikan bagaimana mereka melalui banjir tersebut. Jika mereka sukses tidak mogok, kemungkinan besar motor kita pun mampu melaluinya. Ketika mereka gagal, sebaiknya balik arah dan cari jalan alternatif.

Air Tidak Masuk ke Knalpot

Sudah seperti cerita dongeng yang diceritakan turun temurun jika melibas banjir kita harus buka gas sekencang mungkin agar air tidak masuk ke knalpot. Ya kalian sudah termakan mitos, dalam keadaan idle saja knalpot menembakan gas buang lalu untuk apa kita geber-geber lagi?

 

Jadi tidak perlu takut air akan masuk ke dalam knalpot yang sudah full terendam air banjir ya bro, kecuali kalian mendadak mematikan motor di tengah banjir.

Air Masuk dari Filter Mesin

Pengetahuan di mana letak filter mesin akan banyak membantu kalian selamat dalam melalui banjir. Ketika ketinggian banjir lebih dari ketinggian filter mesin, sebaiknya mundur teratur. Tanya mekanik di mana letak filter mesin motor kalian, dan ini akan menjadi batas ketinggian banjir maksimal yang bisa kalian lalui.

Jadikan Mobil Sebagai Tameng

Melihat mobil yang melaju, bahkan dengan kecepatan yang cukup tinggi? Inilah kesempatan kalian untuk selamat dari banjir. Mobil di depan kalian akan membelah air dan sesaat membuat ketinggian banjir menurun. Tempel mereka!

Extra Tips for The Victim

Bagi kalian yang sudah kadung menjadi korban tak perlu panik. Tentunya sekarang mesin motor kalian telah meminum beberapa ml air (yang seharusnya haram untuk mesin). Yang kalian butuhkan sekarang adalah kesabaran untuk mau menunggu agak lama agar mesin kembali hidup. Periksa kepala busi dan bersihkan dari air, lalu kick starter (start engine) mesin kalian setiap 5 menit sekali. Setidaknya motor kalian akan butuh waktu 30 menit sampai 1 jam untuk bisa kembali hidup.

Itu dia beberapa trik sederhana yang bisa membantu kalian melewati banjir. Intinya jangan pernah jadi yang pertama mogok ya bro, karena malunya lebih terasa dibandingkan yang kedua dan seterusnya. Selamat mencoba!