Gadget

Trik Simpel Bikin Video 360 Derajat

Keinginan untuk menampilkan momen-momen secara utuh dan menyeluruh membuat Youtube memperbaharui sistemnya yang bisa menyajikan video dengan jangkauan 360 derajat. Hal itu pun dilakukan karena kebutuhan para pengguna akan video berbasis 360 derajat semakin tinggi.

Fenomena tersebut bisa kita lihat dari ramainya video blog atau vlog yang mengunggah video dengan jangkauan 360 derajat. Video dengan jangkauan seperti ini akan meminimalisir momen atau suatu hal yang terlewatkan.

Apakah kalian iri? dan ingin segera membuatnya untuk pamer di Youtube? Tenang, Lanang Indonesia bakal kasih triknya.

 

Video

Samsung Gear 360 | gsmarena

Agar lebih mudah dalam membuat video 360 Anda bisa menggunakan kamera 360 telah kompatibel dengan Youtube. Hal ini akan mempermudah jika video yang dibuat ingin langsung diunggah ke Youtube. Beberapa kamera tersebut seperti: Samsung Gear 360, Ricoh Theta, Kodak SP360 dan IC Real Tech Allie.

Anda juga bisa membuat video 360 dengan rig camera custom dan software stitching, seperti Kolor Autopano. Dengan itu, video akan semakin mudah dan bagus saat dibuat.

 

Format

 

Format Video

Agar bisa menghasilkan hasil terbaik, salin video yang telah dibuat ke resolusi tinggi dan yang sesuai dengan advanced spesifications YouTube. Pastikan video Anda telah sesuai karena jika tidak akan menimbulkan gangguan saat diunggah.

YouTube sendiri saat ini mendukung video 360 dengan kecepatan video sebesar 24, 25, 30, 48, 50 dan 60 frames per second. Dalam hal ini pengguna disarankan untuk mengunggah video dengan rasio 16:19 dalam resolusi 4K (3.840 X 2.160), agar memberikan kualitas gambar yang sangat mantap.

 

Playback

Metadata video 360

File video yang telah dibuat memerlukan meta data tertentu agar bisa mengaktifkan fitur playback 360, ini berfungsi agar video 360 kita bisa digeser atau dipindahkan jangkauan gambaranya. Maka dari itu, unduhlah aplikasi Meta data Video 360 untuk komputer Anda terlebih dahulu dan yang direkomendasi oleh Youtube.

Kemudian un-zip file, lalu buka aplikasi tersebut dan pilih file video. Kemudian, pilih opsi Spherical dan klik Save As. Saat proses ini, Google akan mengingatkan anda untuk tidak memilih opsi "3D Top-bottom". Setelah itu, beri nama file tersebut dan simpan. Kemudian sebuah file baru akan dibuat secara otomatis di tempat yang sama dengan file asli.

Lalu, unggah file baru itu ke YouTube dan tunggulah saat proses efek 360 berjalan. Proses ini akan menghabiskan waktu sekitar satu jam.

 

Upload

Proses Upload | Youtube

Setelah selesai dengan proses efek 360, maka pastikanlah fitur playback 360 bisa digunakan pada video tersebut atau tidak sebelum Anda mengunggahnya. Untuk mengetahuinya adalah dengan memeriksa gambar tombol geser di bagian kiri atas dan bisa diputar dengan tombol WSAD.

Saat sedang mengunggah video 360, jangan mengedit video menggunakan tools Video Editor dan Enhancements YouTube di desktop atau perangkat mobile Anda karena keduanya belum kompatibel dengan video 360.

 

Browser

Jenis Browser

Dan yang terakhir yang harus diperhatikan adalah pemilihan browser dan aplikasi khusus. Anda harus menggunakan versi terbaru dari Chrome, Opera, Firefox atau Internet Explorer agar bisa menonton video 360 di komputer. Sedangkan untuk perangkat mobile, Anda harus menggunakan versi terbaru dari aplikasi YouTube pada Android dan iOS.

Setelah itu, Anda bisa langsung memamerkan video 360 yang sudah dibuat kepada mantan-mantan Anda. Bagaimana mudahkan? Sekarang saatnya mencoba.