Gadget

Trik Tangkal Berita Hoax Ala Facebook

Kemajuan teknologi telah membuat informasi dengan mudah disebarkan dan diterima. Namun disatu sisi masih banyak juga orang yang menggunakan kemudahan ini untuk menyebarkan berita palsu alias hoax demi kepentingan pribadi atau tujuan tertentu.

Pastinya sobat lanang juga merasakan jika akhir-akhir ini banyak sekali berita palsu yang tersebar, parahnya lagi, banyak orang yang tak mengetahuinya dan justru ikut menyebarkannya. Hal ini tentu merugikan banyak orang, baik secara materil ataupun tidak.

Fenomena berita palsu ini bukan sedang menjangkiti Indonesia saja, melainkan dunia, berbagai Negara atau lembaga informasi bekerja keras untuk menemukan formulanya, tak terkecuali jejaring sosial Facebook.

Dari data yang diterima Lanang Indonesia, Facebook bekerja sama untuk memerangi penyebaran berita palsu dalam tiga area, yakni menghambat insentif ekonomi karena kebanyakan informasi bohong tersebut memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan finansial. Lalu membuat produk-produk baru untuk menghentikan penyebaran berita palsu dan membantu pengguna agar bisa mengambil keputusan berdasarkan informasi yang cukup saat mengenali berita palsu.

Hal-hal itu diwujudkan dengan beberapa cara, seperti Meningkatkan kemampuan untuk mengidentifikasi berita palsu, melalui komunitas Facebook dan organisasi pihak ketiga untuk mengecek fakta, sehingga Facebook dapat membatasi penyebaran yang akhirnya membuat hal tersebut menjadi tidak menghasilkan.

Selain itu ada pula perbaikan dalam menentukan peringkat serta meningkatkan kemampuan News Feed dengan mendengarkan apa yang disarankan oleh komunitas Facebook. Hal itu pun terus menguji coba tanda-tanda tersebut dan hal lainnya dalam menentukan peringkat agar mengurangi relevansi dari konten berita palsu.

Sekarang kita sama-sama punya tugas untuk mengusir berita palsu tersebut jauh-jauh, jangan lagi menganggap remeh kehadirannya, ini bukan sulap dimana kita justru tertawa saat berhasil ditipu dengan berbagai trik. Turn Back Hoax!