Terkini

Unjuk Taring TNI di AASAM 2016

Tentara Nasional Indonesia atau TNI kembali menunjukkan taringnya di dunia internasional. Setelah sebelumnya memenangi kejuaraan menembak Australian Army od Skill Arms at Meeting (AASAM) pada 2015, kini prajurit TNI AD kembali memenangi hal serupa yang digelar oleh Angkatan Darat Australia, 3-19 Mei 2016, di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia.

Dalam kejuaraan tersebut TNI memenanginya dengan menggunakan senjata kebanggaan buatan dalam negeri PT Pindad, yakni SS (Senapan Serbu) 2 versi 4. TNI AD sendiri menerjunkan 19 personel terbaiknya untuk memenangi kejuaraan tersebut dengan dipimpin oleh Mayor Infanteri Syafruddin, yang merupakan jebolan Akademi Militer terbaik pada tahun 2000.

TNI AD keluar sebagai juara umum setelah meraih 23 medali emas dari total 50 medali di berbagai materi lomba tembak yang diperebutkan. Sedangkan posisi runner up dikuasai oleh pasukan dari Angkatan Darat Tiongkok, dengan meraih 9 medali emas. Disusul Jepang yang meraih peringkat ketiga dengan meraih empat medali emas.

Dengan raihan itu semua, TNI AD berhasil menaklukkan 20 negara besar lainnya yang juga turut menjadi peserta dalam kejuaraan ini. Beberapa yang mengikuti kejuaraan menembak ini adalah Amerika Serikat, Prancis, Kanada, Inggris, Australia, Tiongkok, Jepang, Uni Emirat Arab, Papua Nugini, Malaysia, Singapura, Korea Selatan dan Indonesia.

Sponsored Links

Perlu diketahui jika sejak kejuaraan ini digelar pada tahun 1984, TNI AD sering mengisi podium juara. Sejak tahun 2008 hingga 2016, TNI AD selalu menempati peringkat teratas dan keluar menjadi pemenang dengan predikat sebagai juara umum.