Karier

Usaha Ingin Maju, Hindari 5 Hal Ini

Memulai sebuah usaha memang tak gampang. Apalagi buat kita yang mau mencoba peruntungan baru sebagai entrepreneur muda. Melakukan kekonyolan sedikit saja taruhannya nyawa usaha kita.

Sudah banyak entrepreneur muda yang tumbang hanya karena salah dalam mengelola usahanya. Lalu bagaimana agar pengalaman tersebut tak terulang pada kita?

Rencana

Buatlah rencana usaha anda sebaik mungkin, tak perlu rumit dan panjang.   Sederhana namun detil sudah cukup membuat usaha anda lebih jelas. Rencana ini juga nantinya akan menjadi ukuran sejauh mana progres dan kesuksesan anda dalam menjalankan usaha.

Jangan mudah tergiur dengan godaan usaha lain yang ada di tengah jalan. Fokus pada apa yang mau anda ciptakan. Tak pernah ada rencana untuk gagal dalam kamus usaha, namun nyatanya banyak yang gagal karena rencana yang payah.

Keuangan

Banyak yang bilang kalau uang usaha dan pribadi jangan dicampur adukkan. Pendapat ini memang benar, seringkali orang tak memisahkan mana penghasilan dari usaha dan pribadinya. Hal ini tentu akan membuat anda sulit mengukur keuntungan pasti dari usaha tersebut.

Perlu dicatat, sekecil apapun uang usaha yang anda gunakan untuk keperluan pribadi maka akan membuat keuntungan anda semakin menjadi abu-abu.

Dana

Dalam hal ini kita bukan berbicara soal berapa banyak modal yang anda miliki, tetapi lebih kepada bagaimana anda menginvestasikan dana yang ada dari hasil usaha anda. Jika keuntungan usaha anda mulai terbangun dengan baik maka jangan hanya berfokus untuk menanam modal pada usaha itu. Cobalah untuk investasikan ke dalam bentuk yang lain. Ini akan membantu anda saat usaha anda mengalami kelesuan omset.

Jadi meski usaha anda sudah stabil bukan berarti anda mengandalkannya sebagai pos pemasukan. Buatlah beberapa pos pemasukan cadangan lainnya.

Strategi

Menjalani usaha itu seperti menunggu petir di siang hari, kita tak pernah tahu. Oleh sebab itu, pastikan anda sudah memiliki beberapa strategi jitu untuk keberlangsungan nyawa usaha anda. Misalnya seperti mencari beberapa professional untuk membantu anda membangun sebuah bisnis. Atau mulai melakukan kerjasama dengan rekan-rekan bisnis yang punya potensi bagus.

Pasar

Jangan hanya mengandalkan tren usaha, tapi anda yang menciptakan tren tersebut. Agar bisa mencapainya maka sangat penting untuk memperhatikan lokasi, tingkat konsumsi pelanggan dan target pasar.

Dengan melakukan riset atas semua ini maka anda tak perlu khawatir atas perputaran uang dari usaha anda. Pastikan juga anda mengenali karakter konsumen, kelebihan dan kekurangan usaha yang kita miliki.