Musik

Volcano Rock Festival Dari Boyolali yang Berkelas Internasional

Band Rock legendaris asal Swedia, Europe, sukses menggebrak Boyolali, Jawa Tengah, pada Sabtu  12 Mei 2018. Europe menjadi band internasional yang tampil dalam Volcano Rock Festival di Stadion Padan Arang, Boyolali.

 

"Band Rock Europe akan tampil mengejutkan bagi penggemarnya dalam konser Tour Dunia 2018 di Boyolali Indonesia ini," kata Joe Tempest, vokalis Europe dalam keterangan tertulisnya.

Dalam konser keliling dunia bertajuk "Walk The Earth", ia menyatakan, Boyolali menjadi satu-satunya lokasi acara mereka di Indonesia dan Asia. Band yang sudah hampir 40 tahun menggema ini tak sendiri, ia ditemani oleh band rock legendaris tanah air, God Bless. Konser di Boyolali ini merupakan penampilan kedua kali Europe di Indonesia, setelah sebelumnya pada 1990 pernah tampil di Jakarta.

Munculnya acara seperti ini mengindikasikan jika etalase kegiatan seni dan hiburan di Indonesia tak lagi didominasi oleh kota-kota besar saja. Munculnya nama Boyolali yang menyusul Solo serta Magelang tentu menjadikan atmosfer seni dan hiburan tak lagi terpusat di kota-kota besar, tapi juga di kota-kota kecil.

Kerennya lagi, Volcano Rock Festival yang merupakan konser musik rock berkelas internasional ini digagas oleh Bupati Boyolali, Seno Samodro. Lalu promotor konser ini juga merupakan promotor lokal, yaitu Team Boyolali Satu dengan menggandeng Jogjarockarta, di mana ini semakin menunjukkan tingkat kepercayaan diri para pelaku dan pihak stake holder lokal dalam mengadakan sendiri acara sekelas internasional.

Acara serupa juga lebih dulu rutin digelar oleh Kota Solo sejak masa Jokowi menjabat sebagai Walikotanya. Nama acara ini adalah Rock in Solo yang sudah sukses menjadi salah satu festival musik terbesar di Indonesia dengan 37 band termasuk band internasional yang tampil di 3 panggung dengan 8.000 pengunjung. Lalu ada juga Kota Magelang yang akan menjadi tuan rumah konser Mariah Carey dengan latar kemegahan arsitektur Candi Borobudur pada 6 November 2018 mendatang.

Hal ini pun semakin menunjukkan jika semangat positif dalam membangun atmosfer kegiatan seni dan hiburan semakin berkembang. Acaranya pun semakin beragam, tak hanya soal musik populer, tapi juga musik-musik minor seperti keroncong dan yang lainnya. Kota-kota seperti Jember lewat Jember Fashion Carnaval dan Banyuwangi lewat Banyuwangi Festival juga sudah lebih dulu mencuri perhatian internasional dalam menggelar kegiatan seni dan hiburan.

Semoga daerah-daerah lainnya juga menyusul untuk segera unjuk gigi dengan acara-acara keren yang bisa mencuri perhatian internasional.