Motor-mobil

VW ‘Kodok’ Bakal Jadi Mobil Listrik

Isu soal sumber daya bahan bakar yang semakin menipis membuat banyak produsen otomotif beralih ke tenaga listrik. Tak mau ketinggalan, Volkswagen aka VW yang merupakan mobil ikonik dari Jerman mulai menyiapkan mobil listrik terbarunya dari model VW Beetle atau yang lebih dikenal dengan VW ‘Kodok’.

Melansir Autocar, VW Beetle listrik tak lagi dua pintu tapi empat pintu yang menggunakan rear-wheel-drive (RWD) system seperti karakter dari Beettle type 1 pada tahun 1945. VW Beetle sendiri mengalami perubahan kedua pada tahun 1997, di mana kemudian hadir dengan menggunakan penggerak roda depan (FWD).

Mobil ini terus bertahan sampai tahun 2011, generasi kedua 'VW Kodok' resmi diperkenalkan. Rencananya, generasi kedua ini akan berhenti diproduksi mulai tahun depan. Walaupun begitu kehadiran VW Beetle listrik ini tak akan langsung menjadi pengganti model yang akan berhenti produksi tersebut.

Pemimpin Desain VW, Klaus Bischoff mengatakan jika perusahaan harus fokus pada produksi terkait penjualan dengan angka besar sebelum memutuskan soal Beetle listrik dan model lainnya.

"Tugas kami adalah mendapatkan volume. Mobil-mobil itu memiliki teknologi yang super komplek dan jika kamu melakukan hal yang berlebihan, akan overload," ucapnya.

Sementara itu Pemimpin umum VW, Herbert Diess, meyakinkan kalau mereka akan memprioritaskan lebih banyak mobil yang punya kedekatan emosional dengan penggunanya.

Model yang memiliki kedekatan emosional pertama yang akan dihadirkan adalah ID Buzz microbus yang modelnya terinspirasi dari VW Kombi. Mobil ini rencananya akan hadir pada tahun 2022.

Proyek mobil listrik VW sendiri akan dihadirkan mulai tahun depan, dalam bentuk Hatchback. Model ini beserta mobil listrik VW lainnya akan memanfaatkan platform fleksibel yang dinamai MEB. Menurut Herbert Diess MEB adalah platform yang sangat pas untuk menghadirkan kendaraan listrik untuk VW. Fleksibilitasnya adalah hal penting yang menjadi kunci.

Namun VW sendiri setidaknya membutuhkan waktu 2 sampai 3 tahun untuk menyiapkan semua proses mobil VW ‘Kodok’ tersebut.