Traveling

Warna Indonesia Di Dunia (Bagian 2)

Setelah mengulas mana saja tokoh Indonesia yang dijadikan nama jalan di luar negeri sebelumnya, kali ini Lanang Indonesia akan mengulas nama-nama lokasi di luar negeri yang menggunakan bahasa Indonesia.

Lalu apa saja tempat-tempat tersebut?

Soekarno

Nama Soekarno begitu terkenal di Pakistan, ada dua tempat yang diberi nama Soekarno di Pakistan yaitu Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar, dan Soekarno Bazar di Lahore. Sama halnya seperti Maroko dan Mesir, Pakistan juga sangat segan kepada sosok Soekarno.

Bahkan, hingga kini kalangan militer Pakistan masih ingat jasa Soekarno yang mengirim TNI Angkatan Laut (AL) berpatroli di laut selatan Pakistan saat konflik memanas antara Pakistan dan India pada tahun 1965.

Taman Indonesia

Taman yang diberi nama The Kingdom Of Ganesha ini terletak di Parc Paradisio, Brugelette, Belgia. Taman ini terwujud atas dasar kecintaan Eric Domb yang merupakan petinggi dari Parc Paradiso terhadap Indonesia, sehingga ia membuat taman seluas 5 hektar tersebut.

Komplek taman ini terdiri dari Puri Agung Shanti Buwana Bali, replika besar Candi Prambanan, bongkahan batu besar berderet ala Gunung Kawi di balik tembok candi, rumah Toraja, replika Candi Borobudur, rumah tradisional Nusa Tenggara Timur serta beragam patung dan bahkan kayu pohon besar yang telah menjadi fosil dari Banten.

Silicon Valley

Siapa yang tak tahu Silicon Valley, sebuah julukan bagi daerah di San Fransisco, California, Amerika. Julukan tersebut diberikan karena di wilayah ini bermarkas perusahaan-perusahaan besar di bidang teknologi, seperti Adobe Systems, Apple Computer, Cisco Systems, eBay, Google, Hewlett-Packard, Intel, Oracle, Facebook, Sun Microsystem, AMD dan Yahoo.

Dan yang istimewanya adalah beberapa nama pulau Indonesia dijadikan nama jalan di kota yang menjadi salah satu pusat perkembangan teknologi dunia ini, seperti Sumatra Avenue, Borneo Avenue (Kalimantan) dan Molucca Avenue (Maluku).

Ketenaran negeri kita adalah karena rasa bangga terhadap Indonesia yang selalu kita bawa kemanapun sehingga membuat orang lain menjadi tahu apa itu Indonesia. Bukan hanya karena kemajuan instan tanpa nasionalisme di dalamnya dan kita harus berani berkata Bangga Menjadi Indonesia!