Terkini

Warna-warni Perayaan Cap Go Meh Di Bogor

Perayaan Cap Go Meh adalah hari ke-15 dan hari terakhir perayaan Tahun Baru Imlek bagi etnis Tionghoa di seluruh dunia. Acara yang diisi oleh berbagai kesenian dan budaya ini dimulai pada pukul tiga sore pada 22 Februari 2016 lalu, yang dibuka oleh Walikota Bogor, Bima Arya.

Acara yang bertajuk “Pesta Rakyat Bogor Ajang Budaya Pemersatu Bangsa” ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, tarian adat Tor-Tor dari Sumatera Utara dan kesenian lainnya.

Sebanyak 100 ribu pengunjung dan 10 ribu pendukung acara yang berasal dari 50 kelompok kebudayaan turut serta dalam kemeriahan perayaan Cap Go Meh di Jalan Suryakencana.

Kemeriahan semakin tumpah ruah ketika Pawai Joli atau tandu dewa serta Barongsai dimulai. Sebanyak 23 patung dewa dan 12 kostum shio dihadirkan saat pawai Joli seperti Dewi Kwan Im (Dewi Welas Asih), Dewa Sin Long Tay Tee (Dewa Pertanian dan Pengobatan) dan Dewa Hok Tek Ceng Sin (Dewa Bumi atau Dewa Pemberi Rezeki).

Titik start perayaan pawai Cap Go Meh ini berada di Vihara Dhanagun dan berakhir di Vihara Buddha Maithreya yang berjarak 3 KM. Tak hanya pengunjung lokal, turis mancanegara pun juga menghadirinya.