Terkini

We-Media, Fokus UCWeb Lewat Konten

Fenomena hausnya publik akan informasi lewat kanal digital membuat UCWEB yang merupakan bagian dari Alibaba Group, meluncurkan program We-Media Reward Plan 2.0, sebuah platform konten independen.

Agresivitas UCWEB untuk memimpin layanan konten di Indonesia sepertinya semakin terlihat. Hal itu ditunjukkan lewat investasi yang dilakukan UCWEB sebesar Rp 10 miliar untuk We-Media Reward Plan 2.0, dan Rp 400 miliar untuk mendorong distribusi konten di Indonesia selama 2 tahun kedepan. Hal itu memang tak sia-sia, hanya dalam waktu yang tak sampai setahun UC News salah satu platform milik UCWEB telah meraih pengguna aktif sebesar 20 juta tiap bulannya.

uc-web-launch-we-media-9749

Pihak UCWEB menjelaskan bagaimana sistem Big Data Bekerja | Khalida Nasution

Kepala UC News We-Media, Bruce Zuo, dalam konferensi pers yang digelar di SCBD, Jakarta, Senin (20/3/2017), mengatakan jika “Berdasarkan penelitian kami, saat ini Indonesia memiliki lebih dari 80 juta pengguna internet seluler, sekitar 7.000 reporter, jurnalis dan editor bekerja di bidang media Indonesia, dan sekitar 3 juta blogger. Namun hanya sebagian kecil dari dua kategori di atas yang telah berkontribusi pada pertumbuhan konsumsi konten online. Untuk itu, UCWEB akan mempertajam fokus pada agregasi dan distribusi konten di Indonesia, dengan kekuatan kami pada teknologi seperti Big Data AI dan pengalaman yang luas,”.

Disamping pembaharuan pada model pendapatan iklan, We-Media Reward Plan 2.0 akan memungkinkan talenta-talenta di seluruh penjuru Indonesia untuk mengubah minat menulis mereka menjadi sebuah pekerjaan. Sebanyak 1.000 penulis We-Media akan direkrut di Indonesia dan India yang berpeluang untuk memiliki penghasilan Rp 10 juta tiap bulannya lewat platform UC News.

uc-web-launch-we-media-9797

Deddy Corbuzier dan Chika Jessica bersama para kontributor konten UC News | Khalida Nasution

Mungkin yang unik dari strategi ini adalah bagaimana UCWEB melakukan terobosan agar para pengguna gadget dapat informasi dengan lebih banyak dan mudah.  Lewat program We-Media Reward Plan 2.0 bisa dibilang mendobrak ekosistem konten yang sebelumnya hanya dilakukan oleh pekerja media aktif. Namun UCWEB membuat tiap orang punya kesempatan untuk menyampaikan informasi yang dimilikinya dengan sudut pandang yang lebih bervariatif dengan seleksi yang dilakukan sendiri oleh pihak UCWEB.