Tekno Otomotif

Winglet MotoGP yang Makin Liar

Bro, jangan kaget jika April mendatang kalian nonton MotoGP dan semua motor tampangnya sudah berubah. Ibarat operasi plastik, penanaman winglet yang bisa menambah downforce akhirnya menular ke semua pabrikan tanpa terkecuali. Lalu bagaimana polemik regulasinya?

Direktur teknis MotoGP, Danny Aldridge telah menetapkan regulasi tentang fairing dengan ekstra winglet ini. Aturan tentang fairing modern untuk downforce tidak berubah untuk MotoGP 2018.

1-1

 

"Aturan dan panduan tentang fairing tetap sama, tidak ada perubahan, stabil, konsisten, dan saya pikir, Anda akan melihat fairing akan bergerak menuju bentuk yang optimal. Kami sudah memberi kebebasan kepada mekanik untuk bekerja dan memang selalu saja ada yang pro dan kontra untuk soal fairing ini," kata Danny seperti dikutip dari speedweek.

Berdasarkan statemen ini bisa diketahui kalau gampang-gampang susah mengatur regulasi di ajang balap motor paling bergengsi ini. Yang terpenting adalah winglet harus menjadi bagian internal bodi motor, maka winglet pabrikan akan bisa lolos regulasi.

3

Dirintis oleh Ducati beberapa tahun belakangan, akhirnya semua pabrikan benar-benar menaggapi serius teknologi winglet ini. Benar-benar semua bro, tanpa terkecuali.

Lalu bagaimana kelanjutannya bro? Apakah penggunaan winglet ini akan membuat persaingan makin kompetitif? Seharusnya si iya, tapi kita tunggu saja nanti di seri perdana Qatar April mendatang.