Tekno Otomotif

Wuling Cortez, Siap Tantang Toyota Innova?

Produsen otomotif pendatang baru Wuling kembali menggebrak pasar dengan MPV Mediumnya yakni Wuling Cortez. Dengan sesumbar, Wuling mengutus produk baru ini untuk menantang Toyota Innova dan yang lainnya di segmen MPV medium, mampukah?

Untuk memuluskan jalan tersebut, Wuling Cortez dipersenjatai dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang cukup mumpuni di kelasnya, ditambah dengan harga yang ramah membuatnya semakin mudah untuk bersaing.

Wuling Cortez menggendong mesin tipe 4 Cyl in-line DOHC, VVT-i, berkapasitas 1.800 cc. Dengan tenaga 129 hp per 5.600 rpm dan torsi maksimum 174 Nm, yang dipadukan transmisi intelligent automated mechanical transmission (i-AMT) dan transmisi manual 6 percepatan. Dengan spesifikasi tersebut, Wuling Cortez bisa ngacir mulus di jalanan tanpa hambatan. Lalu bagaimana dengan fiturnya?

Beberapa fitur canggih sudah dimiliki oleh Wuling Cortez, seperti automatic vehicle holding (AVH) agar menjaga mobil tetap berhenti dalam kondisi jalan yang menanjak, menurun, ataupun datar. Ada juga electronic stability control (ESC), berguna untuk menjaga kestabilan berkendara secara otomatis ketika adanya indikasi pengemudi mengalami kehilangan kendali.

wuling-cortez

Tampilan dasbor Wuling Cortez | Dok. Wuling

Selain itu, anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), dan brake assist (BA), juga telah dimiliki oleh mobil ini. Fitur kamera belakang yang dilengkapi dengan dua sensor depan dan empat sensor belakang untuk memudahkan memarkir kendaraan. Yang paling berbeda adalah rem tangan elektronik.

Sama seperti model sebelumnya Wuling Confero, Wuling Cortez juga dibekali dengan fitur pemantau tekanan angin. Jok depan Cortez sudah mengusung pengaturan elektrik. Perbedaan yang paling menonjol dari pesaing lainnya adalah sunroof yang ada pada atap Wuling Cortez, jelas Innova dkk belum memilikinya.

Untuk bicara desainnya, mungkin tak ada yang istimewa dari Wuling Cortez. Modelnya memang dibuat secara fungsional bukan sensasional yang mampu menarik mata orang lain. Secara resmi mobil ini mulai tersedia di pasaran pada kuartal pertama tahun 2018. Dari desas-desus yang beredar, Wuling Cortez akan dibanderol mulai dari Rp 190 juta dan Rp 250 juta untuk varian tertingginya.

Jika melihat itu semua memang rasanya mustahil bisa dilakukan oleh produsen-produsen mobil Jepang. Tapi ini bisa dibilang sebagai salah satu strategi Wuling untuk mencuri perhatian, maklum saja, ia pendatang baru dari Negara yang sempat dipandang sebelah mata soal otomotif.