Motor-mobil

Yamaha MT-15, Mungkinkah Perbaiki Pasar Xabre?

Yamaha MT-15 sudah launching di Thailand, dan tentunya desainnya jauh lebih agresif serta segar dibandingkan Yamaha Mslaz. Daya tariknya cukup lumayan di sana, mengingat selera rider di negeri Gajah Putih sendiri cukup out of the box. Lalu bagaimana dengan pasar Indonesia?

Yamaha Indonesia akhirnya mencoba memasukkan Mslaz ke sini dengan penggantian nama menjadi Yamaha Xabre. Diperkenalkan pada Januari 2016 berdasarkan data AISI penjualan Xabre di tahun perdana mencapai 20.887 unit. Sebuah angka yang bagus untuk produk baru dengan desain radikal.

Namun pada tahun 2017 entah mengapa penjualan Xabre merosot tajam dengan hanya total 5.030 unit. Hingga bulan Mei 2018 inipun distribusi Xabre hanya ada di angka 1.125 unit. Isu kelahiran MT-15 mungkin berpengaruh besar pada konsumen yang cenderung memilih untuk menunggu si facelift hadir di dalam negeri.

Yamaha Indonesia sendiri mungkin sadar desain Xabre memang sangat segmented, sehingga jualannya pasti gampang-gampang susah.

Namun MT-15 kali ini hadir dengan banyak perbaikan positif, salah satunya tentu penamaan produk. Nama MT-15 ini sendiri sebenarnya sudah diidam-idamkan oleh para penggemarnya sejak dulu. Nama yang lebih global membuat prestis sang produk tentu lebih disukai.

mt2

Yamaha MT-15 launching di Thailand | Gilamotor

Desain jok menyatu dan air scoop pada samping tangki mengadopsi milik sang kakak MT-09 merupakan langkah cerdas. Desain tangki bahan bakar yang juga lebih besar membawa aura moge look semakin kentara. Lalu desain head lamp yang terinspirasi dari MT-10 benar-benar membuat MT-15 terlihat agresif.

Sisanya banyak part yang sudah lebih dulu tertanam di varian New Vixion dan All New R15 ada di MT-15. Termasuk mesin-pun MT-15 dipastikan sudah dibekali mesin 155cc VVA yang sudah diperkaya teknologi slipper clutch.

Baiklah, sepertinya Yamaha benar-benar menyempurnakan Xabre kali ini. Tinggal balik lagi ke tantangan awal yang harus dihadapi MT-15 di Indonesia, yakni selera pasar. Yamaha jelas ingin mengulang kesuksesan Byson dengan MT-15. Sebuah desain yang lahir di negeri orang tapi bisa diminati di negeri sendiri.

Kemungkinan besar MT-15 akan launching di gelaran IMOS 2018 nanti, jadi bagi kalian yang penasaran dengan si galak ini wajib hadir di pameran motor terbesar di Indonesia ini ya.

Sponsored Links