Sukses

Yang Mau Nikah Wajib Baca Artikel Ini!

Menikah adalah momen membahagiakan bagi tiap pasangan. Berbagai persiapan pun dilakukan. Namun terkadang banyak orang lupa dengan persiapan yang satu ini. Apakah itu?

Kesehatan Seks Pra Nikah memang belum umum di Indonesia. Namun hal ini merupakan salah satu prosedur jelang pernikahan yang sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan. Ada banyak risiko bagi kesehatan Anda dan pasangan yang mungkin akan menghadang dalam menjalani pernikahan.

Menurut Seksolog, Dr Andi Sugiarto, SpRM dari dokterandi.com, penting sekali memeriksa kesehatan sebelum menikah agar terhindar dari penyakit menular seksual dan mengetahui kesuburan Anda dan pasangan. Selain itu kita juga bisa mengetahui ada atau tidaknya virus dalam tubuh yang bisa membahayakan kesehatan janin kelak.

Menurut Dr Andi Sugiarto, memang tak ada ketentuan waktu dalam hal ini namun disarankan sesegera mungkin bila sudah ada rencana menikah, sehingga ada waktu untuk mengobati atau mengantisipasi.

Tes Kesehatan Pra Nikah sebenarnya adalah tes untuk mengetahui ada tidaknya penyakit menular seksual, penyakit yang mengganggu kesuburan, dan tes potensi kesuburan. Tes ini meliputi pemeriksaan penyakit seperti sifilis, gonore, hepatitis, dan TORCH (Toxoplasma gondii, Rubella, Cyto Megalo Virus (CMV), Herpes Simplex Virus (HSV) and other diseases). Selain itu ada juga tes hormonal, dan tes analisis sperma.

Selain mudah dilakukan dan tak memerlukan biaya besar. Hal ini juga merupakan upaya pencegahan dan menjaga kesehatan. Jangan sampai karena hal ini Anda dan pasangan tak harmonis menjalin bahtera rumah tangga.